Bagaimana Cara Membuat Web Hosting Di Rumah

Untuk membuat sebuah website biasanya anda harus menyewa jasa web hosting. Para pemilik website menggunakan layanan berbayar web hosting untuk membuat website mereka bisa diakses secara online.

Jika anda mempunyai sebuah laptop atau PC tua yang terhubung dengan jaringan internet, maka anda bisa membuat sendiri hosting website anda di rumah.

Tahapan Cara Membuat Web Hosting Di rumah

Sekarang anda sudah mempunyai sebuah komputer atau laptop yang akan berperan sebagai server dari web hosting yang akan anda buat nantinya. Jadi sekarang anda perlu memasang APACHE SERVER SOFTWARE di komputer anda ini.

Ini adalah software gratis yang bisa anda googling di internet, download, dan instal di laptop/pc anda.

download software server apache ke komputer

Install apache server software yang anda download. Masukkan data yang diminta saat anda menginstal software ini. Data ini bersifat sementara dan bisa anda ubah nanti.

masukkan data sementara saat install apache

Pilih folder di mana anda akan menginstall software apache ini

ubah folder install apache

Setelah itu buka folder tempat anda menginstall tadi. Di dalam folder tadi buka file "httpd.conf". Sekarang anda sudah bisa membuat folder utama untuk website anda di dalam laptop/pc. Misalnya,  "C:\Web\MyWeb"

buat folder untuk file website anda

Di dalam "httpd.conf", ubah nilai default dari alamat folder-nya ke alamat folder yang baru saja anda buat untuk web hosting dari website anda. (Perhatikan kedua gambar di bawah ini)

httpd.conf sebelum diedit

httpd.conf sesudah diedit

Di dalam file yang sama, anda masih harus mengubah alamat default dari direktori web apache menuju direktori dari website yang akan kita hosting.

httpd.conf sebelum diedit alamat fodernya

httpd.conf sesudah diedit alamat fodernya

Setelah itu coba buat sebuah file html sederhana sebagai tester untuk web hosting yang sedang anda buat ini. Buat seperti contoh di bawah dan save dalam file index.html.
buat file index.html sederhana
Buka port 80 dalam firewall komputer anda. Jika anda tidak tahu caranya, silahkan dibaca artikel CARA MEMBUKA PORT 80 DI BALIK FIREWALL

Setelah itu coba buka file web anda di browser. Gunakan browser internet yang ada di komputer anda dan ketikkan localhost di address bar untuk membuka http://localhost/

Kalau anda melakukan semuanya dengan benar, maka tulisan pada bagian body dari file HTML yang anda simpan di web server akan ditampilkan di browser

Catat IP dari jaringan internet anda. Anda bisa meminta teman anda untuk mengakses website anda dengan memasukkan IP ini pada browser mereka (memakai koneksi internet yang berbeda dengan koneksi internet anda).

Kalau IP anda 92.224.113.48 maka teman anda bisa mengakses website anda di http://92.224.113.48/

Tentunya sulit untuk menghafal angka-angka di atas. Anda harus mendaftarkan IP ini untuk mendapatkan nama domain yang bisa membuat orang lebih mudah mengingat alamat website anda.

Jadi anda bisa membeli nama domain di https://www.no-ip.com/ dan arahkan name server ke server web hosting yang sudah anda buat.

Ya....ini memang ribet dan memusingkan bagi banyak orang. Tentunya jika anda hanya mau mengelola website sederhana, jauh lebih mudah jika anda membayar jasa penyedia layanan web hosting murah yang sudah ada saat ini.

Dengan menggunakan layanan web hosting murah ini anda tidak perlu pusing masalah perawatan, dan juga masalah keamanan dari server website anda. Semuanya akan diurus oleh mereka yang sudah berpengalaman.

Jika anda memutuskan untuk menggunakan layanan web hosting saja; maka dalam tautan berikut anda bisa melihat daftar 10 web hosting murah terbaik yang bisa anda gunakan.
 

Postingan Populer

Diberdayakan oleh Blogger.