Berbagai Jenis Web Hosting

Ketiga jenis hosting yang umumnya tersedia adalah: Shared, VPS dan Dedicated. Ketiga opsi ini digabungkan untuk mencakup situs web kecil, menengah, dan besar. Biasanya ukuran website bisa ditentukan oleh jumlah pengunjung bulanan.

Fakta yang perlu anda ketahui adalah 99,9 persen situs web dianggap kecil dan harga hostingnya jauh lebih murah! Jadi kemungkinan besar website anda hanya memerlukan paket web hosting murah.

Saya akan jelaskan dari paket web hosting yang termurah dan terkecil terlebih dahulu.

1. Shared Hosting


Shared hosting adalah pilihan paling umum untuk usaha kecil, perorangan, dan bahkan beberapa situs web populer dengan niche yang kurang ramai. Shared hosting adalah sekumpulan website yang dihosting di satu server (ingat server hanya berarti komputer). Keuntungan menggunakan shared hosting adalah membuatnya sangat murah karena sumber daya dipakai bersama.

Host bersama dapat menangani situs web yang menjalankan WordPress, Joomla, atau lainnya dan juga membuat proses ini sangat mudah untuk disiapkan. Shared hosting bisa menangani hingga 30.000 pengunjung per bulan. Ini seharusnya cukup untuk website-website pemula.

Tenang saja, anda akan bisa melakukan upgrade paket hosting kapanpun diperlukan....

2. VPS Hosting


VPS masih menyerupai shared hosting tapi dengan konsep yang berbeda. Di dalam VPS semua sumberdaya baik itu prosesor, RAM, ataupun penyimpanan data akan dibagi oleh hypervisor sehingga anda akan aman dari bad neighbour.

shared vs vps hosting

Yang dimaksud dengan bad neighbours adalah mereka yang websitenya mendapatkan trafik yang begitu besar, atau melakukan banyak spam, sehingga website kita sering menjadi lambat dan email web kita sering diblokir oleh karena apa yang dilakukan oleh website lain.

Di virtual private server, semua website akan bekerja maksimal hingga batas sumber daya yang menjadi bagiannya. Anda bisa terus menambah "porsi" sumber daya anda menurut kebutuhan dari website anda nantinya.

3. Dedicated Hosting

Dedicated hosting adalah satu server yang mengolah satu situs web. Dedicated hosting mempunyai harga yang mahal. Sebaiknya anda mempertimbangkan opsi ini hanya jika situs Anda benar-benar menuntut waktu muat halaman yang sangat cepat, IP khusus, dan sarana untuk menangani banyak lalu lintas pengunjung, seperti di atas 100.000 pengunjung per bulan.

 

Postingan Populer

Diberdayakan oleh Blogger.