Faktor Penting Saat Mengganti Web Hosting

cara pindah ke web hosting baru
Memiliki hosting yang buruk tentu akan sangat membuat stress, entah itu karena lambat, harga yang tidak sesuai dengan kualitas layanan, bahkan uptime server yang rendah dapat membuat anda kehilangan potensi keuntungan yang dapat anda peroleh.

Jika anda merasa tidak puas dengan web hosting yang anda gunakan saat ini dan ingin pindah  ke penyedia web hosting lainnya, maka anda perlu untuk mengetahui hal-hal penting berikut ini:

1. Perencanaan

Mengganti web hosting memerlukan waktu beberapa hari untuk menyelesaikannya. Waktu yang terbaik untuk mengganti web hosting adalah sekitar satu atau dua minggu sebelum account anda mati.

Mengapa? Karena untuk menyelesaikan pendaftaran di tempat baru membutuhkan 1-3 hari, anda memerlukan waktu untuk menyesuaikan skrip  web anda dengan web hosting yang baru dan anda memerlukan waktu sekitar 1-2 hari untuk mengganti nama server (NS)

Jika masa aktif account anda kurang dari seminggu, maka ada baiknya untuk memperpanjang masa aktif account anda. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari downtime pada website anda.

Mengganti web hosting juga sebaiknya jangan dilakukan di saat masa aktif domain anda akan segera berakhir. Hal ini perlu diperhatikan untuk memudahkan pergantian kontak atau DNS, utamanya jika web anda berhosting ".id", karena web dengan jenis ".id" ini membutuhkan sekitar 1 -2 hari kerja untuk proses penyelesaiannya.

2. Mendaftar

Pilihlah paket yang sesuai dengan kapasitas website anda. Perhatikan ukuran file html, ukuran mailbox email serta file log jika anda juga ingin memindahkan file log. Terkadang file menjadi tidak dapat dipindahkan walaupun memiliki paket kuota yang sama karena jumlah file lognya yang tidak memadai.

Pastikan untuk menyelesaikan semua urusa administrasi agar account baru anda tidak ter-disable dalam waktu singkat.

3. Upload dan Penyesuaian Skrip

Hal berikutnya yang perlu dilakukan segera ketika anda memperoleh akses untuk mengunakan account anda di tempat yang baru adalah mengupload isi website anda dari tempat yang lama ke tempat yang baru. 

Sesuaikan skrip website anda dengan web hosting yang baru, pastikan semuanya berjalan dengan baik di tempat yang baru sebelum anda membuat account-account email yang baru seperti support@, info@ dan sebagainya. 

Jangan lupa untuk membuat database dan mengisinya dengan file dari tempat yang lama. Pastikan semuanya dapat berjalan dengan baik. Pada umumnya web hosting akan menyediakan URL sementara yang dapat anda gunakan untuk melihat website anda tanpa perlu menggunakan alamat yang asli.

Berikut merupakan beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam proses upload dan penyesuaian skrip:
  • Perbedaan path antara server lama dengan server yang baru.
  • Versi software yang digunakan oleh penyedia web hosting yang lama dan penyedia web hosting yang baru
  • Modul-modul yang anda butuhkan
  • Perbedaan time zone server

4. Pergantian NS

Pergantian nama server merupakan langkah terakhir dalam melakukan proses perpindahan hosting anda. Hal ini biasa kita lakukan secara manual, namun jika anda tidak tau cara menlakukannya, maka anda dapat meminta bantuan dari layanan web hosting anda yang lama. Seluruh rangkaian pergantian nama server ini dapat memakan waktu hingga 2 hari dan dapat lebih lagi jika web anda menggunakan domain ".id" karena dilakukan secara manual dan terkadang terkendala masalah hari kerja.

Intinya...
Keseluruhan proses perpindahan web hosting dari tempat lama ke tempat yang baru memerlukan waktu hitungan hari karena itu lakukanlah perencanaan dengan baik agar tidak merugikan anda. Anda juga dapat meminta bantuan dari tempat web hosting anda yang baru untuk membantu proses kepindahan anda. Dan yang paling penting, pastikan penyedia web hosting anda yang baru memiliki kredibilitas yang lebih baik dari provider yang lama.
 

Postingan Populer

Diberdayakan oleh Blogger.