Mencari Masalah dan Troubleshooting pada Website

website troubleshooting untuk error
Masalah troubleshooting pada sebuah website akan menyebabkan website menjadi error dan tidak dapat diakses. Bagi anda yang bergerak di dunia bisnis online, pastilah akan sangat merugikan, karena semakin lama website anda tidak dapat di akses maka semakin banyak pula profit loss anda. 

Berikut adalah cara yang dapat anda tempuh untuk segera memulihkan website anda dari masalah troubleshooting.

Pointing Domain

Bila anda mengunakan website self hosting, pengecekan pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan memastikan bahwa domain anda terpointing ke server penyedia layanan web hosting anda.

Cek Error Log.

Bila website anda blank, maka mungkin saja terdapat error yang tidak ditampilkan pada website anda. Untuk mengecek detail errornya, maka anda dapat mengeceknya pada error log. Berikut adalah cara untuk mengecek error log:
  1. Login ke directadmin dari penyedia layanan web hosting anda
  2. Masuk ke domain setup
  3. Lihat letak terjadinya error
  4. Carilah pesan error seperti "fatal error"
  5. Perhatikan isi pesan errornya kemudian anda tinggal memperbaiki isi dari pesan errornya.

Error 500.

Apakah tulisan "Error 500" muncul saat anda mengakses website. Error 500 biasanya terjadi karena  terdapat kesalahan pada file .htaccess. Cobalah masuk ke dalam file manager dari website anda dan mengedit file .htaccess.

Lambat Loading

Apabila website anda membutuhkan waktu yang sangat lama untuk meloading, maka mungkin saja terjadi looping pada script php-nya. Ada beberapa cara yang dapat anda tempuh untuk menyelesaikan masalah ini.

1. Cek Error Log

Lakukan tahapan yang sama seperti di atas. Bila tidak terdapat pesan error maka kemungkinan penyebabnya adalah hal lain.

2. Cek Resource Usage.

Untuk melihat resource usage anda harus Login ke Control Panel Directadmin. Scroll layar kebawah kemudian cari menu “Resource Usage” pada bagian Advance Features cari menu “Resource Usage”. Apabila anda menemukan pesan error “Your site has been limited within the past 24 hours”  maka sumber daya anda telah habis. Hal ini biasanya terjadi apabila website anda merupakan website self hosting dan jatah web hosting anda telah habis atau mencapai limit. Solusi dari masalah ini adalah dengan meningkatkan paket web hosting anda agar lebih mencukupi kebutuhan website anda.
Solusinya adalah anda bisa mengupgrade paket web hosting yang sekarang ke paket yang lebih tinggi lagi.

3. Database Looping.

Jika anda telah melakukan langkah 1 dan 2 namun masih tetap error, maka kemungkinan terakhir yang dapat terjadi adalah database anda yang looping atau kebesaran. Bersihkan tabel database anda dan website anda akan kembali lancar.

Bantuan Support

Bila anda telah melakukan semua tahap di atas namun belum berhasil juga, maka anda bisa meminta bantuan jasa profesional untuk memperbaiki website anda.
 

Postingan Populer

Diberdayakan oleh Blogger.