Tools Untuk Mencegah Website Terkena Malware

Website yang terkena malware tentu saja membuat kita pusing dan kelimpungan untuk membersihkannya. Hal ini sebenarnya tidak perlu terjadi jika anda menggunakan tools pendeteksi malware yang tersedia di internet. Berikut merupakan tools pendeteksi malware yang dapat anda gunakan untuk melindungi website anda dari serangan malware.

Google Safe Browsing

Sejak tahun 2007, Google sudah terkenal sebagai pelopor dalam pemberantasan malware. Google memang terkenal sangat intense memberantas malware, karena website yang terjangkit malware dapat merusak nama baik google sebagai mesin pencari yang merekomendasikan website yang terjangkit malware.

Itulah sebabnya Google mengembangkan tools Google Safe Browsing (GSB)
Jadi, bagaimana cara menggunakan GSB untuk mendeteksi website?

Pertama, akses link berikut ini: https://www.google.com/transparencyreport/safebrowsing/diagnostic/index.html

Kemudian cek website anda.

Lalu, bagaimana membuat GSB memonitor website anda? Google Safe Browsing memang tidak memiliki fasilitas untuk memonitor website anda secara terus menerus. Namun, jika anda seorang programer, anda bisa membuat tools anda sendiri dengan menggunakan database GSB.

Sucuri

SUCURI merupakan tools pendeteksi malware buatan Daniel Cid dari OSSEC. Hingga saat ini, Sucuri telah berkembang menjadi alat scanning malware secara gratis dan bagi para pengguna Wordpress, tersedia plugin malware sucuri yang dapat anda gunakan secara gratis. Silahkan cek website anda di sini https://sitecheck.sucuri.net

Sucuri juga menawarkan jasa untuk memonitor website anda dari malware, tapi tentu saja berbayar. Lalu bagaimana jika website anda sudah terlanjur terkena malware? Sucuri juga menawarkan jasa untuk membersihkan website anda dari malware.

Quttera

Virus total juga merupakan salah satu bentuk layanan google. Berbeda dari tiga tools di atas, VirusTotal menggunakan sistem pendeteksian antivirus untuk menentukan apakah website anda terjangkit malware atau tidak.

Pada VirusTotal, anda dapat melakukan scan malware dengan  metode file, url dan juga search. Mungkin metode file dan url sudah sering kita dengar, lalu apa yang dimaksud dengan "search"? Search merupakan metode scanning malware yang lebih canggih, cukup dengan memasukkan IP address website anda, maka semua website yang terdapat server tersebut akan terscan dan selanjutnya anda cukup men-trobleshooting website-website tersebut.

Lalu bagaimana cara memonitor website dengan menggunakan VirusTotal?

Sekali lagi, tools buatan google tidak menyediakan jasa memonitor website anda. Tetapi anda dapat membuat monitor website anda sendiri dengan menggunakan API VirusTotal yang dapat anda pelajari pada link berikut ini: https://virustotal.com/en/documentation/public-api/
 

Postingan Populer

Diberdayakan oleh Blogger.