Memisahkan Server Hosting Website & Server Email. Perlukah?

perlukah memisahkan email hosting anda
Pada dasarnya, terdapat 3 fungsi dalam sebuah server, yakni web server, email dan database. Mengabungkan ketiga fungsi tersebut dalam satu server tentulah adapat membantu anda dalam melakukan penghematan. Namun, hal ini juga dapat membuat posisi server anda dalam keadaan yang rentan.

Sebut saja jika salah satu website anda terkena hack, dan dengan jalur satu server tersebut, hacker memiliki akses untuk masuk ke jalur email dan menggunakan email tersebut untuk melakukan spam. Otomatis server anda akan terkena ancaman blokir dari gmail, yahoo, hotmail dan juga RBL.

Pemblokiran ini akan membuat semua website lain yang berada dalam server yang sama juga akan terkena dampak pemblokirannya. Oleh karena itu kami sangat menyarankan anda untuk memisahkan fungsiserver website dan email.

Ada 5 manfaat yang anda bisa dapatkan dengan memisahkan server website dan email, yakni:

1. Terhindar dari Efek yang disebabkan oleh website lain.
Seperti yang telah dijelaskan di atas, karena kesalah satu website menyebabkan website yang lainnya tidak dapat mengirim email. Dengan melakukan pemisahan server, maka anda akan terhindar dari masalah ini.

2. Memperlancar performa Website
Biasanya email menggunakan kuota hosting yang cukup besar. Menggabungkannya ke dalam satu serverbersama dengan website akan menyebabkan performa website menjadi lambat saat anda sedang menerima ataupun mengirim email.

3. Maintenance yang lebih mudah.
Memisahkan server email dan website akan mempermudah anda dalam melakukan maintenance. Walaupun ada satu website yang terus menerus tekena hack hingga ratusan kali, website yang lain tidak akan terpengaruh dan anda cukup melakukan maintenance pada satu website saja.

4. Downtime
Server email yang berdiri sendiri sangat jarang mengalami downtime, kecuali jika terjadi msalah pada hardwarenya.

5. Reputasi IP address yang baik.
Apakah anda pernah menerima email yang bukan spam tapi dimasukkan dalam folder spam, atau mungkin email anda sendiri yang terkirim namun masuk ke dalam folder spam penerima? Kenapa bisa begitu? Jika setting server anda sudah benar, termasuk SPF dan DKIM nya, maka akan terdapat dua hal  yang mempengaruhi hal tersebut. Yaitu reputasi nama domain dan reputasi IP addres anda. Domain yang terlalu sering terkena hack atau IP addres yang sering mengirim spam akan memiliki reputasi rendah sehingga email yang dikirimkan melalui domain atau IP addres tersebut akan selalu dicurigai dan ditempatkan dalam folder spam. Server yang hanya fokus digunakan untuk mengirim email akan memiliki reputasi IP addres yang baik.
 

Postingan Populer

Diberdayakan oleh Blogger.