Apa itu I/O pada Web Hosting

I/O adalah singkatan untuk input/output yang dinyatakan dalam satuan KB/s. Ini tidak lebih dari kecepatan transfer data antara disk dan RAM pada sebuah server. I/O pada web hosting merupakan nilai dari proses "menulis" atau "membaca" dari dan menuju sebuah penyimpanan data.


Di dalam sebuah web hosting, sebuah web server bekerja untuk ratusan atau bahkan ribuan situs secara bersamaan. Anda akan menyadari bahwa semakin banyak beban website yang diberikan ke sebuat server web hosting, maka akan semakin lambat I/O dari web hosting tersebut.

Ada beberapa layanan web hosting yang tidak memberikan batasan tegas untuk penggunaan sumberdayanya; tapi ada beberapa lainnya yang secara aktif memberikan batasan penggunaan sumber daya agar tidak ada satu akun yang menggunakan semua sumber daya yang ada.

Banyak server shared hosting linux hari ini yang memakai web server apache. Dan sebagian besar di antaranya mendukung penggunaan CGI dan script Fast CGI yang ditulis dalam beberapa bahasa seperti Perl, Phyton dan yang paling populer adalah PHP.

Sebuah website berpotensi mengkonsumsi semua sumber daya CPU, RAM, I/O atau proses Apache dan ini bisa mengakibatkan server menjadi sangat berat, dan jelas anda akan dirugikan jika anda berbagi sumber daya dengan website seperti ini. Oleh karena itu ada pembatasan pada beberapa web server, agar suatu akun tidak menggunakan akun yang lainnya.

Jadi kalau website anda mendekati batas I/O dari paket web hosting yang anda beli, maka waktu muat dari website anda akan semakin lama atau bisa juga error dan sama sekali tidak terbuka.

Cara Menghemat I/O dari layanan Web Hosting Anda

Anda bisa menghemat I/O pada web hosting anda dengan menggunakan sistem cache. Ini akan membuat browser pengguna akan menyimpan cache data untuk halaman website anda, sehingga untuk pemuatan berikutnya data yang akan digunakan jauh lebih kecil.

Anda juga harus memastikan bahwa gambar yang anda gunakan tidak terlalu besar dan memang sudah sesuai kebutuhan anda.

Intinya, semakin kecil data yang ditransfer, maka akan semakin kecil juga nilai I/O yang anda gunakan di dalam server, sehingga semakin banyak halaman yang bisa terbuka secara bersamaan.
 

Postingan Populer

Diberdayakan oleh Blogger.