Cara Cek Website Kena Malware

cara cek malware yang ada pada website wordpress anda
Kenapa anda perlu tahu cara cek website yang terkena malware? Begini, jika anda mempunyai website yang terkena malware, maka itu bisa sangat merusak Optimasi SEO dari website anda. Semua itu dikarenakan Google sangat mengutamakan user experience dari penggunanya.

Jadi ada baiknya anda memastikan bahwa website anda bebas dari malware, karena bukan Google saja yang melindungi penggunanya. Kebanyakan browser terkenal juga akan memblokir anda jika browser menemukan malware pada website anda.

Kalau begitu,.... bagaimana cara cek malware pada website anda?

Biasanya server hosting anda sudah mempunyai proteksi untuk malware,tapi itu bukan jaminan bahwa website anda benar-benar 100% aman. Software seperti bitninja server security mengklaim bisa melindungi server dari serangan malware. Tapi tidak ada salahnya anda mengetahui cara-cara alternatif lainnya untuk melakukan cek malware.

Jadi di bawah ini saya berikan beberapa tools yang bisa anda gunakan....

Google Transparency Report

Untuk anda yang sangat peduli dengan SEO, tentu anda ingin tahu bagaimana pendapat Google tentang kondisi website anda. Anda bisa menggunakan Google Transparency Report untuk mengetahui apakah Google menganggap website anda aman atau tidak

Selain itu anda juga bisa masuk ke Google Search Console/Webmaster Tools untuk mengecek kesehatan situs anda. Anda bisa mengecek bagian SECURITY ISSUES di Search Console dan melihat apakah ada pemberitahuan dari google masalah malware.

Sucuri Site Check

Ini adalah tool untuk check malware yang paling dikenal saat ini. Sucuri Sitecheck akan melakukan scan ke seluruh website anda dan mencari apakah ada malware yang tersimpan di situs anda.

Layanan sucuri sitecheck ini gratis. Tapi kalau website anda ternyata mempunyai malware, maka ada opsi berbayar jika anda mau  mengaktifkan monitoring otomatis di website anda. Sucuri sitecheck juga menyediakan layanan pembersihan malware, jika memang anda membutuhkan layanan ini.

Cek Kode dan Lakukan Backup

Biasanya situs yang sudah ditembus keamanannya akan mengalami perubahan pada kodenya. Jadi ada baiknya anda mengecek apakah ada perubahan pada kode website anda.

Kalau anda bukan tipe orang yang paham masalah kode website, ada baiknya anda rutin melakukan backup website. Backup ini akan sangat membantu jika anda  harus melakukan pemulihan website akibat serangan hacker atau malware.

Beberapa layanan web hosting menyediakan backup reguler jadi anda tidak perlu pusing masalah backup ini. Beberapa layanan web hosting lainnya tidak menyediakan layanan backup ini dan mempersilahkan anda melakukan backup sendiri. Jadi anda perlu bertanya ke layanan web hosting anda masalah backup ini sebelum menggunakan jasa hosting mereka.

WordPress Security Plugins

Untuk pengguna wordpress sudah ada plugins WP Antivirus site protection yang menyediakan perlindungan malware, backdoors, scanning menyeluruh, dan Trojan. Ini adalah tools yang anda butuhkan untuk melindungi website anda.

Plugin ini mempunyai versi gratis dan versi berbayar. Versi gratis melakukan pengecekan semiggu sekali. Jadi jika anda memerlukan frekuensi yang lebih sering anda harus menggunakan versi berbayarnya.

=========================

Jadi ini adalah beberapa cara sederhana untuk cek malware yang menjangkiti website anda. Jika anda tidak paham sama sekali masalah ini anda bisa meminta bantuan pengelola hosting anda untuk melakukan pengecekan malware.
 

Postingan Populer

Diberdayakan oleh Blogger.